Tips Pakai Hijab Sesuai 5 Bentuk Wajah dari Dina Toki-O

Tidak sedikit wanita muslim yang masih sulit mengkreasikan hijabnya untuk membuat penampilan terlihat lebih cantik. Sebenarnya hijab yang sederhana dan sesuai sudah membuat penampilan wanita tampil manis dan feminin. Jika masih bingung ketika berhijab, berikut tips dari stylist sekaligus fashion blogger, Dina Toki-O.


1. Oval
Wajah oval merupakan bentuk paling sempurna. Para wanita yang memiliki wajah oval biasanya tidak kesulitan mencari potongan rambut. Begitu pula ketika mengenakan hijab. Jika Anda memiliki wajah oval, cukup atur scarf atau pashmina yang akan dipakai agar mengikuti bingkainya. Biasanya wajah oval tidak kesulitan mencari 'angle' terbaik ketika mengkreasikan hijabnya.

2. Segitiga
Dikutip dari Aquila, jika Anda memiliki wajah segitiga cobalah menggunakan hijab yang membuat wajah tampak memanjang tidak bersudut. Bingkai wajah dengan scarf sedikit ke arah depan dan biarkan bagian sisinya menutupi rahang sehingga bagian lancip juga ikut tertutupi. Ingat, biarkan alis dan dahi terekspos untuk membuat tampilan wajah memanjang sehingga orang lain tidak fokus kepada bagian wajah yang lancip.

3. Bulat
Lain halnya jika Anda memiliki wajah bulat seperti pipi chubby dan dagu gemuk. Ketika memakai jilbab, Anda perlu menyamarkan bentuk pipi dan dagu supaya tampak oval. Bagi yang memiliki pipi chubby mungkin bisa memakai hijab sedikit ke arah depan dengan pinggiran scarf tepat di ujung mata kemudian sematkan di bawah dagu memakai jarum pentul. Anda juga dapat menyamarkan wajah bulat dan pipi gemuk dengan lipatan serta tekstur atau motif yang memanipulasi bingkai wajah.

4. Persegi
Bagi wanita yang memiliki bentuk wajah persegi, Dina menyarankan agar mengenakan scarf dengan bahan lemas dan hindari menggunakannya terlalu ketat di sekitar dagu dan leher untuk menutupi bentuk rahang. Biarkan scarf 'jatuh' ke bawah yang membuat bingkai terlihat oval. Tidak lupa memakai ciput atau mengkreasikan scarf di dahi untuk memberikan kesan oval secara keseluruhan.

5. Bentuk Hati
Wanita yang memiliki bentuk wajah seperti hati--dahi lebar dan dagu kecil-- sebenarnya cukup bisa diaplikasikan dengan model hijab apa saja. Namun perlu diperhatikan, terkadang karena ingin menutupi dahi yang lebar sehingga bagian dagu juga tertutupi. Biasanya wanita yang memiliki bentuk wajah seperti hati memiliki dagu yang cantik. Oleh karena itu, hindari menambahkan terlalu banyak volume dengan teknik lipatan di bagian belakang maupun samping (pipi). Sematkan jarum pentul atau peniti di bawah dagu dengan pengaplikasian scarf tepat di tepi rahang untuk mempercantik penampilan.
wolipop.detik.com

Artikel Terkait Pashmina ,segi empat ,serba-serbi