Masker Telur Sesuai Jenis Kulit

Telur adalah salah satu bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk membuat masker wajah. Tapi jangan cuma putih telur. Khasiat putih telur untuk merawat wajah bisa semakin ampuh jika ditambahkan dengan bahan alami lain, seperti alpukat, wortel, atau jeruk nipis. Istimewanya, penambahan bahan-bahan tersebut juga bisa disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Nih, beberapa racikan masker telur yang bisa segera dicoba.

Bahan utama: Putih telur
Manfaat putih telur: Melembapkan kulit wajah, mempercepat terjadinya proses regenerasi kulit wajah, serta mengangkat noda, komedo, atau vlek-vlek hitam pada wajah. Jangan lupa, biarkan masker menempel di wajah selama 15-20 menit untuk mendapatkan hasil maksimal. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Kulit Normal > Putih telur + Madu
Untuk jenis kulit normal perawatan wajah yang diperlukan nggak terlalu sulit. Kita hanya perlu menambahkan putih telur dengan bahan-bahan yang bersifat mencerahkan, melembutkan, dan menyegarkan. Madu memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi, cocok untuk mencerahkan kulit wajah, deh.
Caranya: Campurkan putih telur dengan madu secukupnya. Aduk hingga rata. Oleskan pada wajah secara merata.
Bahan lain yang bisa digunakan: wortel, tomat, bengkuang

Kulit Kering > Putih telur + Alpukat
Kulit kering ditandai oleh permukaan yang kasar jika dipegang. Penyebabnyanya kulit kita kekurangan kadar minyak. Ciri kulit kering biasanya kusam, sering gatal, dan tidak terlihat cerah. Bahan yang bisa digunakan untuk campuran putih telur adalah alpukat. Alpukat mengandung antioksidan, asam amino, dan minyak esensial yang dapat membantu melembapkan kulit kering.
Caranya: Ambil daging alpukat secukupnya. Hancurkan hingga benar-benar halus. Lalu, campurkan ke dalam putih telur dan aduk hingga rata. Oleskan masker pada wajah secara merata.

Kulit Berminyak > Putih telur + lemon
Orang yang memiliki jenis kulit berminyak biasaya memiliki kadar minyak berlebihan di area wajah sekitar dagu, hidung, dahi, dan bawah tulang pipi. Jenis kulit ini dianjurkan untuk menggunakan bahan alami yang mengandung magnesium, vitamin C, dan sebum, seperti lemon.
Caranya: Peras 2-3 buah lemon. Campurkan air perasan ke dalam putih telur dan aduk hingga rata. Oleskan pada wajah secara merata.
Bahan lain: mangga, pepaya, dan apel

Kulit Berjerawat > Putih telur + timun
Timbulnya jerawat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya kelenjar minyak yang hiperaktif, sel kulit mati, atau bakteri pada kulit. Timun mengandung astringen yang dapat difungsikan sebagai tonik wajah untuk kulit berminyak.
Caranya: Parut timun secukupnya. Campurkan dengan putih telur dan aduk hingga rata. Oleskan masker pada wajah secara merata.
www.citacinta.com

Artikel Terkait Rawat Wajah